KETENTUAN SELLER

Vendor/Seller

Tentang Vendor/Seller
  • Vendor/ seller adalah anggota yang terdaftar di tokosolidaritas.com untuk melakukan aktifitas jual beli.
  • Vendor Bertanggung jawab penuh atas segala resiko yang timbul di kemudian terkait dengan informasi yang dibuatnya, termasuk, namun tidak terbatas pada hal-hal yang berkaitan dengan hak cipta, merek, desain industri, desain letak sirkuit, hak paten dan/ atau izin lain yang telah ditetapkan atas suatu produk menurut hukum yang berlaku di Indonesia.
  • Vendor hanya diperbolehkan menjual barang-barang yang tidak tercantum di daftar “Produk Terlarang”.
  • Vendor wajib menempatkan barang dagangan sesuai dengan kategori dan subkategorinya
  • Vendor wajib mengisi nama atau judul barang dengan jelas, singkat dan padat.
  • Vendor wajib menampilkan gambar barang yang sesuai dengan deskripsi barang yang di jual dan tidak mencantumkan logo ataupun alamat situs jual-beli lain pada gambar. Dianjurkan memperlihatkan 3 bagian (depan, samping dan belakang) dengan resolusi.
  • Vendor wajib memenuhi ketentuan yang sudah ditetapkan oleh pihak jasa ekspedisi berkaitan dengan packing barang yang aman serta menggunakan asuransi dan/ atau packing kayu pada barang-barang tertentu sehingga apabila barang rusak atau hilang Vendor dapat mengajukan klaim ke jasa ekspedisi.
  • Vendor dilarang melakukan duplikasi penjualan barang dengan menyalin atau menggunakan gambar dari Vendor lain.
Kebijakan Umum untuk Vendor/Seller

Tokosolidaritas.com memiliki hak untuk menghapus keanggotaan ID vendor / seller dengan ketentuan sebagai berikut :

  • Vendor / seller di bawah 17 tahun.
  • Vendor / seller yang mendaftarkan brand / nama perusahaan yang terbukti milik pihak lain.
  • Vendor / seller yang menggunakan kata-kata terlarang atau illegal
  • Vendor / Seller yang tidak melakukan kewajibannya kepada konsumen dalam waktu 3 (tiga) hari kerja, maka status Vendor akan di NON-AKTIFKAN, sehingga Vendor / Seller tidak dapat berjualan kembali di tokosolidaritas.com.
Biaya Transaksi/Komisi
  • com menggunakan metode transfer dan mengenakan biaya pelayanan kepada Vendor/seller untuk setiap produk yang akan dijual.
  • Pembeli tidak dapat membatalkan transaksi setelah melunasi pembayaran.

Produk terlarang dan produk dengan ketentuan/pembatasan penjualan

Produk Terlarang
  1. Produk palsu.
  2. Narkotika, obat-obatan tidak terdaftar di Dinkes dan/atau BPOM, dan obat yang harus disertai dengan resep dari dokter.
  3. Pornografi, barang cetakan atau benda yang dianggap bertentangan dengan norma-norma kesusilaan.
  4. Senjata tajam, senjata api termasuk airsoft gun, dan segala benda yang digolongkan sebagai senjata sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  5. Kosmetik bekas, tidak terdaftar, berbahaya atau terlarang.
  6. Emas, berlian dan logam mulia serta batuan mulia lainnya.
  7. Barang-barang yang berhubungan dengan pemerintahan.
  8. Bagian atau organ tubuh manusia.
  9. Barang-barang yang dianggap dapat melecehkan pihak atau ras tertentu atau dapat menyinggung perasaan orang lain.
  10. Barang-barang curian atau barang yang terduga didapatkan secara tidak sah.
  11. Bahan atau barang berbahaya dan atau mudah meledak.
  12. Barang cetakan atau rekaman yang isinya dapat mengganggu keamanan dan ketertiban serta stabilitas nasional.
  13. Barang-barang yang melecehkan pihak/ras tertentu atau dapat menyinggung perasaan orang lain.
  14. Barang yang belum tersedia (pre order)
  15. Barang curian dan mistis.
  16. Tanaman dan hewan yang dilindungi oleh undang-undang.
  17. Uang tunai dan surat berharga lainnya.
  18. Perlengkapan dan peralatan judi.
Produk dengan ketentuan/pembatasan penjualan
  1. Susu formula bayi dibawah 1 tahun. Tidak diperkenankan dijual dengan menggunakan promosi dalam bentuk apapun.
  2. Produk direct selling / multi level marketing. Penjualan produk direct selling dan MLM hanya boleh dijual dengan metode penjualan dan distribusi sesuai ketentuan masing-masing pemilik usaha.
  3. Produk yang memerlukan dokumen/syarat pengiriman khusus.
  4. Gesek tunai kartu kredit. Tidak diperkenankan menjual produk apapun yang memungkinkan terjadinya pengembalian dana tunai, seluruh atau sebagian atas pembayaran dengan kartu kredit.
  5. Produk khusus dewasa.

Pengiriman dan pembatalan

Pengiriman

Lama pengiriman tergantung dari pemilihan kurir/jasa pengiriman dan metode pengiriman oleh pembeli ketika melakukan checkout.

Pembatalan
  1. Pembatalan pesanan yang dilakukan oleh pembeli, selama order belum terbayarkan, bisa diproses secara langsung oleh tokosolidaritas.com.
  2. Order/pesanan yang telah terbayarkan oleh pembeli, bisa dibatalkan maksimal 6 (enam) Jam terhitung sejak submit order dengan cara pelanggan menginformasikan pihak vendor dan sales tokosolidaritas.com.
  3. Order / pesanan yang telah terbayarkan namun dibatalkan oleh pembeli, akan terkena pemotongan 30 % (tiga puluh) persen dan menjadi hak Vendor/Seller
  4. Seller/Vendor bisa melakukan pembatalan pesanan dari pembeli dengan memberikan jika terjadi force majeur. Tidak bisa dilakukan seperti ini melanggar KUH Perdata Ingkar janji, setiap hari Vendor wajib melaporkan ketersediaan barang sehingga pembatalan sepihak tidak terjadi sehingga calon pembeli mengetahui mana item yang ready stok mana yang tidak kecuali terjadi keadaan kahar force majeur.
  5. Order/Pesanan yang telah diterima oleh vendor/seller, jika tidak ada respon dalam waktu minimal 1 x 24 jam dan maksimal 2 x 24 jam (kecuali hari libur/libur nasional), akan dibatalkan secara otomatis oleh tokosolidaritas.com.

Settlement & Pembatasan Tanggung Jawab

Settlement
  1. Proses pencairan dana/saldo untuk setiap produk vendor/seller yang telah terjual dan terkirim tanpa status komplain/penukaran barang, memerlukan waktu paling cepat adalah 1 x 24 jam dan paling lama adalah 2 x 24 jam.
  2. Proses pencairan dana/saldo hanya bisa dilakukan pada hari kerja (pukul 09:00 – 18:00).
  3. Permintaan untuk pencairan dana/saldo diluar jam kerja atau pada hari libur/libur nasional, akan diproses keesokan hari kerja.
Pembatasan Tanggung Jawab

tokosolidaritas.com tidak bertanggung jawab atas asegala pelanggaran hak cipta, merek, desain industry, desain industri, desain letak sirkuit, hak paten atau hak-hak pribadi lain yang melekat atas suatu barang, berkenaan dengan segala informasi yang di buat oleh Vendor.

Hukum yang berlaku dan penyelesaian sengketa

Hukum Yang Berlaku

Aturan penggunaan dilaksanakan dan tunduk pada Peraturan perundang-undangan Republik Indonesia.

Penyelesaian Sengketa
  1. Apabila terjadi perselisihan, sebelum beralih ke alternatif lain, pengguna wajib terlebih dahulu menghubungi tokosolidaritas.com secara langsung agar dapat melakukan perundingan atau musyawarah untuk mencapai kesepakatan bagi kedua bela pihak
  2. Sebelum menghubungi tokosolidaritas.com secara langsung untuk melakukan perundingan penyelesaian masalah atau sengketa, Pengguna setuju untuk tidak mengumumkan, membuat tulisan-tulisan di media online maupun cetak terkait permasalahan a quo yang dapat menyudutkan tokosolidaritas.com